08 Juli 2009

The Pursuit of Happines




Film Will Smith ini menceritakan kisah nyata seorang Chris Gardner yang tahun 1980-an adalah seorang kepala rumah tangga yang memiliki satu orang istri dan satu orang anak. Kehidupan keluarganya bisa dibilang jauh dari harapan kondisi ekonomoi yang carut marut sedangkan Chris Gardner hanya seorang pengangguran yang berusaha untuk menghiupi anak istrinya dengan berjualan scanner tulang ke tiap Rumah sakit.

Walaupun istrinya juga bekerja tapi tidak bisa membatu perekonomian keluarga, hutang semakin menggunung, tunggakan apartemen belum dibayar selama hampir 3 bulan, mobil satu-satunya kena tilang yang membutuhkan uang banyak untuk bisa menebusnya, ntah uang darimana untuk bisa membayar semuanya.
The Pursuit Of Happines

Kegagalan demi kegagalan yang dia alami saat membangun karir tidak mematahkan semangatnya, walau kemudian mematahkan semangat isterinya yang akhirnya meninggalkannya. Keadaan memaksanya menjadi orang tua tunggal bagi anak lelakinya yang ketika itu berusia lima tahun. Kehidupan yang semakin sukar tidak menyurutkan langkahnya. Kehilangan tempat tinggal dan hutang yang menggunung tidak pula membuatnya berputus asa.

Terasa sedih disaat terusir dari Apartemen ke motel lainnya, ditinggalkan oleh istri yang dicintai, berusaha terus untuk bisa hidup dari satu minggu ke minggu lainnya, dan tetap meyakinkan kepada anaknya bahwa kehidupan akan berubah.

Yang pada akhirnya usaha keras untuk mencapai apa yang dia dambakan itu kenyataan, Chris Gardner bisa bekerja di perusahaan yang mentraining dia selama 6 bulan tanpa digaji, bisa menjadi karyawan tetap dan menjadi pengusaha yang sukses.

Walaupun cerita ini berakhir dengan kegembiraan tapi Film ini bukanlah rekaan ini adalah cerita nyata seorang Chris Gardner.

Pursuit of Happines meyakinkan saya bahwa hidup tidak selalu mudah. Hidup tidak selalu menjanjikan kenyamanan. Kadang hidup sangat keras. Apa yang terjadi tidak selalu sesuai dengan harapan. Dalam hidup, ada saatnya kita merasa lelah, kehilangan harapan bahkan menyerah. Chris Gardner mencoba menunjukkan kepada kita bahwa untuk meraih sukses kita harus berani mencoba dan mencoba lagi. Yakin dengan apa yang dilakukan. Pantang menyerah. Bersabar. Dan, terus berusaha.

Merasakan pahitnya hidup adalah kehidupan sebenarnya, suatu kebanggaan apabila diawali dengan perih pahit dan kemiskinan tetapi bisa menjadi orang yang sukses yang membalikan segalanya menjadi keberhasilan dan kesuksesan, sudah terlalu umum orang sukses dilatarbelakangi oleh keluarga yang sukses, tetapi sangat spesial bisa sukses dari keluarga yang tidak mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar